Mendy Sabet Pemain Terbaik Senegal Tahun Ini

By ommed


nusakini.com - Kiper andalan Chelsea Edouard Mendy terpilih sebagai Pemain Terbaik Senegal Tahun Ini.

Penghargaan ini ditentukan oleh para jurnalis nasional di tanah kelahiran sang kiper. Hebatnya, Mendy memenangkan penghargaan ini dengan kemenangan telak. Jumlah suara yang diperoleh Mendy begitu jomplang dengan peringkat kedua dan ketiga.


Mendy menang secara meyakinkan dengan perolehan 321 suara, mengalahkan bintang Liverpool Sadio Mane [99 suara] dan pilar Watford Ismailia Sarr [61 suara].

Di awal musim ini, Mendy juga menerima penghargaan Kiper Terbaik UEFA Tahun Ini saat Chelsea memainkan laga kandang menghadapi Zenit di Liga Champions September lalu.

Dua minggu lalu, dia menempati posisi runner-up dalam ajang Yashin Trophy -- sebuah penghargaan di seremoni Ballon d'Or yang didedikasikan untuk para penjaga gawang.

Adapun gelar Pemain Terbaik Senegal Tahun Ini diberikan untuk Mendy tak lepas dari peran sentral dia dalam mengantar Chelsea menjuarai Liga Champions musim lalu sebagai satu-satunya kiper asal Afrika yang memenangkan kompetisi tertinggi Eropa itu.


Tak hanya itu, pertimbangannya adalah karena Mendy mampu mempertahankan rekor sembilan clean sheet musim lalu.

Mendy, yang sekarang berusia 29 tahun, juga menjadi satu-satunya kiper yang berhasil mempertahankan sembilan clean sheet dalam debutnya di ajang Liga Champions. (gi/om)